PULUHAN WARGA SILAU MANIK
DATANGI KANTOR DINAS PU. DAN TATA RUANG
TERKAIT PROYEK PENINGKATAN JALAN HUTA MANIK- SILAU MALAHA




Simalungun,Gabpers. 

Diduga tidak sesuai dengan Judul Proyek, Puluhan warga Silau manik, Senin, 1 Oktober 2018 mendatangi Kantor Dinas PU dan Tata Ruang Kabupaten Simalungun di Raya. Pukul 10.00 WIB. Untuk menanyakan realisasi pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Huta Manik Nagori Silau Manik – Silau Malaha Kabupaten Simalungun.

Informasi yang di dapat awak media, pengerjaan Proyek Peningkatan Jalan Huta Manik Nagori Silau Manik – Silau Malaha diduga tidak sesuai dengan Judul yang tertera di Papan Informasi Pengerjaan Proyek, sehingga menjadi keresahan bagi warga Silau Manik. Pasalnya harapan  mereka proyek peningkatan jalan yang dikerjakan kontraktor CV. Bonimas yang bersumber dari Dana APBD Kabupaten Simalungun sebesar Rp. 393.359.999,00,- (Tiga Ratus Sembilanpuluh tiga juta tiga ratus lima puluh sembilan ribu sembilan ratus sembilan puluh sembilan rupiah) tidak sesuai judul yang tertera dan diduga dialihkan oleh Deliana Oknum Pangulu Nagori Silau Manik untuk kepentingan pribadi.

Menurut AG Warga Silau Manik Ketika di temui awak media menjelaskan, harapan sebagaian besar warga Huta manik, Proyek Peningkatan Jalan yang menghubungakan Huta manik Nagori Silau Manik – Silau Malaha ini memang betul untuk meningkatkan jalan penghubung antar kedua desa tetapi kenyataan yang diterima proyek tersebut dialihkan menuju ke Kantor Pangulu Nagori Silau Manik sehingga masyarakat sedikit banyaknya kecewa dengan kebijakan Pangulu Silau Manik.

Tiba di Kantor Dinas PU. Dan Tata Ruang Puluhan warga Silau Manik di terima oleh ASN Bermarga Sinaga dan dua orang rekan diruangannya. Untuk menerima pengaduan masyarakat Silau manik tersebut dan berdiskusi untuk menyelesaikan masalah tersebut. Menurut penjelasan mereka sesuai pantauan awak media. Mereka mengatakan apa yang dikerjakan oleh pihak kontraktor sesuai dengan petunjuk yang mereka terima sesuai dan arahan dari pangulu Nagori Silau Manik. Dan ini berbanding terbalik dengan apa yang dipikirkan masyarakat Nagori Silau Manik. Karena menurut mereka proyek peningkatan jalan Huta Manik Nagori Silau Manik – Silau Malaha adalah proyek jalan yang menghubungkan Huta Manik Nagori Silau Manik ke Nagori Silau Malaha.

Penjelasan ketiga ASN Kantor Dinas PU dan Tata Ruang, apa yang menjadi permasalahan warga Nagori Silau Manik merupakan permasalahan antara warga dan Pangulu, dan mereka tidak bisa memberikan solusi dan jawaban malah menyarankan agar warga untuk menghubungi pangulu melalui ponsel untuk  bermediasi menyelesaikan permasalahan ini.

Sementara MS korlap Warga Silau Manik yang mendatangi Kantor Dinas PU dan Tata ruang menjelaskan kepada ketiga ASN tersebut bahwasannya ketika Pangulu di konfirmasi oleh mereka warga nagori Silau Manik mengatakan bahwa urusan ini merupakan tanggung jawab pihak Dinas PU dan Tata Ruang dan menyarankan  kepada warga agar mereka datang dan berjumpa ke Kantor Dinas PU dan Tata Ruang tersebut di Raya. Tetapi kenyataannya setelah warga datang kekantor tersebut Oknum Pangulu Nagori Silau Manik tidak datang walaupun setelah ditunggu dari pukul 10.00 Wib hingga waktu istirahat.

Hal ini menambah  keresahan bagi warga nagori Silau Manik Apa niat dan Maksud Oknum Pangulu tersebut. Dan ketika nomor ponselnya dihubungi juga tidak di angkat. Begitu juga ketika awak media mencoba untuk menghubungi juga tidak ada nada jawaban.

“Apalah maksud pangulu ini, ketika kami konfirmasi di kantornya, dia malah menyuruh kami untuk menanyakan ke Dinas PU dan Tata Ruang. Disanalah kita nanti jumpa kata Pangulu!”. MS Menerangkan.

“Tapi dihubungi sampai sekarang tak datang datang, di teleponpun tak dijawab. Yang layas kalilah pangulu ini dengan warganya.” Tambahnya menjelaskan.

Karna tidak titik terang permasalahan warga Nagori Silau Manik ini, akhirnya mereka kembali pulang untuk menjumpai Oknum Pangulu mereka. Karna solusi yang mereka harapkan tidak mereka dapatkan di Kantor Dinas PU dan Tata Ruang ini.

Ketika Awak media mengkonfirmasi ini kepada ASN Bermarga Sinaga diruang kerjanya dengan bertanya “ Apakah Pangulu Nagori Silampuyang ini tidak berkoordinasi dengan Pihak Dinas PU dan Tata Ruang ini untuk mengerjakan proyek yang tidak sesuai dengan judul di papan pengumuman ini?” tanya awak media.

ASN bermarga Sinaga menjawab “ Tidak ada bang, Tim Survey kami sudah bekerja sesuai petunjuk yang diarahkan oleh Pangulu Nagori Silau Manik.” Jawabnya. “Dan itulah yang dikerjakan oleh pemborong sekarang bang” tambahnya menjelaskan.

Ditempat terpisah ketika awak media menemui deliana di kantornya mengatakan. atas dasar apa dia datang ke Kantor Dinas PU dan Tata Ruang karna seleberan yang dibawa- bawa masyarakat tidak ada diberikan kepadanya sebagai bahan rujukan dari warga untuk dia datang kekantor Dinas PU Dan Tata Ruang.

Dan menurut informasi yang awak media dapatkan bahwasanya seluruh warga Nagori Silau Manik yang keberatan atas dugaan penyimpangan pengerjaan proyek P    eningkatan Jalan Huta Manik Nagori Silau Manik – Silau Malaha akan melakukan Unjuk rasa dan menyampaikan Surat Keberatan yang ditembuskan Kepada Kejari Simalungun dan Camat Siantar serta Polres Simalungun. (Red).



Komentar